Seragam Kantor Batik, Kami Bangga Memakai Batik

Seragam Kantor Batik, Kami Bangga Memakai Batik

Banggakah anda memakai batik ? Tentu saja ,tak ada satupun masyarakat Indonesia yang tidak memiliki koleksi batik di lemarinnya.  Jika sekitar 10 tahun silam, pakaian batik diidentikan dengan pakaian orang tua, pakaian khusus untuk acara – acara  keluarga atau pakaian instansi tertentu namun kini batik dapat digunakan untuk setiap kesempatan. Dipicu oleh akan diklaimnya warisan budaya asli Indonesia oleh negara asing, pemerintah mulai menerapkan bahwa semua instansi pemerintahan diwajibkan memakai batik di hari jumat. Hal ini mendapat tanggapan positif bukan hari dari instansi tersebut namun juga oleh masyarakat umum, badan usaha, bahkan oleh komunitas – komunitas lainnya.

Contohnya kabupaten Kulon Progo, sejak dipimpin oleh Bpk. Hasto Wardoyo baik itu PNS maupun pelajar diwajibkan memakai Batik Geblek Renteng hasil karya penduduk lokal. Sontak hal ini mengebrak perekonomian masyarakat Kulon Progo sehinnga sebelumnya produsen batik di Kulon Progo hanya 2 gerai kini berkembang menjadi 50 gerai. Berkat ide cemerlangnya Batik Khas Kulon Progo kini dapat dinikmati tidak hanya untuk penduduk sekitar namun sampai di Luar Kulon Progo.

Tampaknya semangat mengunakan batik sebagai seragam kini menjalar sampai dengan di Perusahaan – perusahaan ataupun komunitas di Indonesia. Mereka berlomba – lomba untuk mendesain seragam batik yang mengambarkan jiwa dari perusahaan atau komunitas tersebut, dikarenakan setiap goresan dan warna batik sendiri memiliki makna dan filosofi tertentu, karena itu tidak ada salahnya memahami jenis bahan dan corak batik yang cocok digunakan untuk seragam.

  1. Seragam kantor Batik kerja

Kain Primisima berkollisima merupakan jenis kain yang cocok digunakan untuk seragam kantor, hal ini dikarenakan kain tersebut memiliki tingkat kerapatan benang 133 x 72 , tingkat penyusutan rendah karena jahitan benang sangat rapat, daya tahan warna sangat baik karena kain ini dapat menyerap warna dengan sempurna, bahkan kain ini memiliki kualitas ekspor karena diminati oleh masyarakat Afrika dan Asean.

Terdapat tiga corak batik yang biasannya di gunakan untuk seragam kerja. Mega mendung berwarna biru sangat diminati selain karena motifnya berulang sehingga memudahkan proses cutting, juga karena warna biru sejuk dipandang mata. Ada juga batik semen, ini adalah jenis batik yang mengabungkan usur alam laut, awan, gunung dan garuda. Warna dasarnya biasannya hitam, putih ataupun biru dongker. Ketiga adalah motif batik kawung, memiliki filosofi panjang umur dan kesucian batik ini banyak dipilih oleh para kaum pria selain karena bermotif simpel juga sangat cocok dipadukan dengan celana polos.

Baca juga >> Seragam kerja bank

  1. Seragam kantor Batik Sekolah

Tak hanya siswa guru pun memiliki aktivitas yang padat di sekolah, karena itu seragam batik mengunakan kain katun lampion dinilai sangat cocok. Dengan tingkat kerapatan 72 x 94 membuat siswa dan guru dapat bergerak secara leluasa. Selain itu mengunakan benang combed 40s dapat memudahkan menyerap keringat, dan dengan tingkat penyusutan yang rendah sehingga seragam batik dapat diganti beberapa tahun sekali.

Motif bunga rampe adalah motif yang biasannya digunakan untuk seragam sekolah, selain karena motif bunga terlihat lebih muda dan segar motif ini memiliki dasar warna yang cerah. Namun ada beberapa sekolah yang mendesain sendiri motif batiknya, dan disesuaikan dengan lambang sekolah masing – masing.

  1. Seragam Batik Keluarga

Untuk keluarga tentulah kain yang berkualitas baik yang harus dipilih yaitu kain Katun Primisima primis, dengan ciri – ciri memiliki kerapatan 119 x 107 sehingga tingkat penyusutan rendah, mengunakan benang 50s combed meskipun terkesan tipis namun memiliki ketahanan yang lama, biasa digunakan untuk batik tulis yang memiliki kualitas premium.

Jika ingin kesan elegan dan klasik motif batik Sido Asih sangat cocok untuk digunakan sebagai seragam keluarga. Karena memiliki filosofi saling mengasihi dan hidupnya dipenuhi dengan kasih sayang. Selain itu  yang populer saat ini adalah batik motif Pekalongan disamping memiliki ciri khas tertentu, biasannya batik pekalongan berwarna terang dengan motif kupu – kupu memberi kesan semangat dan ceria.

 

Itulah bbeberapa jenis kain dan ragam batik yang dapat dijadikan referensi anda dalam membuat seragam. Semoga dapat memberikan ide baru dan pencerahan, karena batik memiliki arti dan filosofi yang baik sehingga sesuaikanlah pilihan anda dengan harapan yang anda inginkan. Jika anda merasa kesulitan sampaikanlah kepada penyedia jasa pembuatan seragam, dengan senang hati pasti akan dibantu.

 

Order seragam kantor batik seperti gambar di atas ? KLIK >> SERAGAM KANTOR

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *